WAKIL BUPATI HSS BUKA SOSIALISASI PEMBAHASAN DRAFT PERDA ADAT

Sebagai salah satu unsur dalam masyarakat Indonesia, keberadaan masyarakat adat telah diakui oleh negara. Masyarakat adat diberikan kewenangan dalam hal mengatur adat istiadat masing-masing, selama tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Bertempat di Gedung Serba Guna Kecamatan Loksado, Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Syamsuri Arsyad, S.AP, MA menghadiri sekaligus membuka acara Sosialisasi Pembahasan tentang draf Perda Adat Kab. HSS khususnya Komunitas Adat Wilayah Kec. Loksado. Sabtu (25/09)

Dalam sambutan Bupati yang dibacakan oleh Wabup HSS Syamsuri Arsyad, S.AP, MA, beliau menyambut baik terlaksananya sosialisasi pembahasan tentang draft Perda Adat Kab. HSS. Dengan adanya Perda Adat bagi komunitas adat wilayah Loksado ini, diharapkan dapat memberikan pemenuhan harapan masyarakat guna mengatur adat istiadat di wilayah Loksado. Khususnya terkait dengan hukum adat lokal masyarakat. Guna penyusunan Perda tersebut, maka dilaksanakan pembahasan serta sosialisasi terkait Perda tersebut, baik kepada masyarakat adat setempat, maupun kepada masyarakat umum. Hal ini agar terjadi saling menghormati dan menghargai serta dapat memenuhi keinginan masyarakat setempat. Lebih lanjut pada saat wawancara, Wabup HSS mengatakan bahwa memang Perda adat ini menjadi sesuatu yang dihajatkan masyarakat Loksado, sehingga pembahasannya cukup lama dan dinamis. “Nanti disinergikan dengan peraturan perundang-undangan yang ada, kalau memang ada yang bertentangan, barangkali perlu dicarikan formulasi yang tepat. Sehingga tidak ada pelanggaran peraturan perundang-undangan,” tuturnya. “Mudah-mudahan apa yang diharapkan bisa benar-benar hari ini terlaksana dan tuntas. Pada waktunya nanti akan dibahas secara langsung di Legislatif dan Eksekutif mudah-mudahan cepat selesai,” lanjut Wabup.

Di akhir Wabup juga berpesan, agar pegunungan Meratus di wilayah Loksado bebas dari wilayah tambang yang merusak lingkungan. Karena, kalau Loksado dirusak alamnya akan berpengaruh dan sangat berpengaruh besar terhadap masyarakat Loksado sendiri dan warga HSS. “Kita semua harus bersama menjaga dan menolak terhadap perusakan lingkungan di wilayah Loksado dan sekitarnya,” tambah Wabup.Turut hadir Camat Loksado Fathul Mushalli, SSTP, Ketua Umum Kerukunan Suku Dayak Meratus (KSDM) Kapau F., Kepala Desa se-Kec. Loksado dan Damang HSS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *